Indonesian Students Unite: Pelatihan Kepemimpinan & Pendidikan Karakter bagi SMA/sederajat

Anak SMA
Anak SMA (sumber: panoramio.com/photo/65314705)

Apa yang saya lakukan saat SMA dulu, tahun 2002 – 2005, tidak akan pernah saya sesali. Aktivitas yang saya lakukan pertama kali di SMA dulu, kini membentuk diri saya saat ini. It’s true.

Benarlah kata mendiang Steve Jobs pendiri Apple itu,

You can’t connect the dots looking forward; you can only connect them looking backwards. So you have to trust that the dots will somehow connect in your future.

Apa yang kita lakukan di masa lalu, ternyata saat ini saling terhubung satu sama lain. Saat saya membandingkan Ilman dewasa saat ini dengan Ilman SMA, ternyata apa yang saya capai dan lakukan saat ini, sebagian besarnya berawal dari SMA.

Seperti passion dan profesi saya di bidang digital marketing. Saya tidak akan pernah lupa, setiap jam istirahat dan pulang sekolah, saya beserta beberapa kakak kelas ngumpul di masjid SMA. Kita belajar membuat website. Tanpa komputer apalagi laptop yang saat itu mahal harganya, kita belajar coding HTML dengan kertas. Ya, di atas kertas. Saat sampai rumah, baru kita coba di depan komputer.

Kemudian aktivitas public speaking. Saat ini, entah sudah berapa puluh sharing, seminar, workshop, pernikahan, pelatihan, training, dan sejenisnya yang saya isi. Saya sekarang berani tampil dan bicara di depan umum. Padahal dulu saya ngomong saja terlalu cepat hingga tergagap-gagap. Tapi saat kelas 1 SMA saya dipaksa untuk ikut lomba Abang None tingkat sekolah (saya juara 1, btw), dan itu mengubah hidup saya selamanya.

Kemudian aktivitas menulis. Saat SMA, saya ikut menjadi anggota redaksi majalah ROHIS. Sedikit banyak, saya membangkitkan minat saya di bidang itu. Saat kuliah saya terus ngeblog, akhirnya saya punya kesempatan untuk menulis buku yang bisa dibaca oleh anak muda di seluruh Indonesia, judulnya 101 Young CEO. Buku ini alhamdulillah best seller, sudah tiga kali cetak ulang.

Terakhir, yang paling mengubah diri dan karakter saya, adalah saat saya berorganisasi dalam OSIS dan ROHIS. Saya jadi mengerti arti kepemimpinan, komunikasi, dan bekerja dalam tim. Saat kuliah saya pernah jadi Ketua BEM Fakultas. Kini di kehidupan pekerjaan, semua hal itu sangat terpakai. Dari yang saya lihat, karyawan atau anak magang yang punya karakter kepemimpinan menunjukkan performa kerja yang lebih baik.

Jika Ada Pelatihan Kepemimpinan Saat Dulu Saya SMA..

Saya pasti jadi orang nomor 1 yang ikut.

Sayangnya saat saya SMA, tidak ada (atau saya yang memang tidak tahu?) bahwa ada pelatihan-pelatihan kepemimpinan yang akan sangat bermanfaat bagi diri kita dan orang-orang di sekitar kita nantinya.

Nah, tapi kalau 10 tahunan lalu saya tidak tahu ada pelatihan kepemimpinan untuk anak SMA, sekarang ada lho!

Pelatihan Kepemimpinan untuk Anak-anak SMA: Indonesian Students Unite

Teman-teman saya sesama alumni Forum Indonesia Muda (FIM) menginisiasi gerakan pelatihan kepemimpinan untuk anak-anak SMA/sederajat bernama Indonesian Students Unite. Dalam empat hari, anak-anak SMA dari seluruh Indonesia akan berkumpul di Jakarta dan belajar tentang kepemimpinan dan pengembangan karakter diri.

Kamu anak SMA? Yuk Daftar!

Lihat infonya di website Indonesian Students Unite atau klik saja gambar di bawah ini.

IDStudentsUnite

Yang ikut di sana bukan anak SMA biasa. Pesertanya diseleksi sehingga hanya anak-anak SMA yang memang punya bibit kepemimpinan dalam dirinya, serta aktif dalam berbagai kegiatan positif seperti organisasi atau ekstrakurikuler yang bisa jadi peserta. Sehingga selain mendapatkan pelatihan dan materinya, teman-teman bisa bertemu dan bekerjasama dengan berbagai anak-anak SMA hebat dari seluruh Indonesia.

Buat Teman-teman yang Sudah Bekerja, Dukung Jadi Donatur Yuk.

Yuk dukung anak-anak SMA Indonesia agar bisa menjadi pemimpin masa depan Indonesia yang lebih baik, dengan menjadi donatur. Salurkan donasi teman-teman lewat website Kitabisa ini.

Siapa di Belakang Indonesian Students Unite?

Penggagas Indonesian Students Unite adalah teman-teman dekat saya, sesama alumni Forum Indonesia Muda (FIM). FIM sendiri adalah pelatihan kepemimpinan untuk pemuda, khususnya mahasiswa. Saya pernah mengajak teman-teman untuk mendaftar FIM lewat blog ini.

FIM sendiri sudah berjalan selama 11 tahun tanpa henti dengan total 18 kali pelatihan, menghasilkan ribuan alumni yang berkarya di bidangnya masing-masing di seluruh Indonesia. Beberapa alumni yang kita kenal antara lain Ainun Najib pendiri KawalPemilu.org, Achmad Zaky CEO BukaLapak.com, Andreas Senjaya CEO Badr Interactive, M. Al Fatih Timur pendiri Kitabisa.com, dan masih banyak lagi orang-orang inspiratif di dalam sana.

Saya percaya bahwa masa depan Indonesia terletak di tangan anak-anak mudanya. Saya, dan teman-teman semua yang membaca postingan ini, adalah anak-anak muda Indonesia yang akan menjadi pemimpin bangsa dalam 10 hingga 30 tahun lagi.

Kalau bukan kita yang maju memimpin bangsa ini, siapa lagi?

“Jika kita ingin tahu bagaimana wajah Indonesia di masa depan, maka coba kita ihat apa yang dilakukan oleh siswa SMA hari ini” – Agus Taufiq

Join the Conversation

2 Comments

Leave a comment

Leave a Reply

%d bloggers like this: