Sekali-kali Blogger Nggak Punya Ide, Boleh kan?

Menjadi blogger itu ternyata bukan keputusan yang mudah. Seorang blogger harus terus me-maintain blognya, mengisi blognya dengan tulisan-tulisannya, sehingga banyak yang mengunjungi blog tersebut, yang akhirnya akan menjadi penggemar blog tersebut. Pembaca yang menjadi penggemar blog tersebut bisa disebut komunitas online blog tersebut, mengutip kata mas Budi Putra.

Nah, sulitnya menjadi blogger itu adalah saat dia tidak memiliki ide untuk menulis. Padahal, tulisan atau content di blog itu adalah kunci dan inti dari blogging. Apabila tidak ada tulisan baru di blognya, bisa jadi pengunjung-pengunjung setia yang telah menjelma menjadi komunitas blog tersebut akan sedikit demi sedikit pergi dan (mungkin) melupakan blog tersebut.

Setidaknya, itulah fakta yang terjadi di blog saya saat ini. Jumlah pengunjung (visit) dan kunjungan (pageviews) blog ini, seperti tercatat di Google Analytics, menurun drastis satu minggu ini dibandingkan minggu lalu. Ya, seperti diketahui, sepanjang minggu lalu saya hanya menulis satu post, itu juga bukan artikel melainkan promosi blog.univind.com.

Blogger juga manusia, jadi boleh dong, sekali-kali blogger tidak punya ide?

Join the Conversation

2 Comments

Leave a comment

Leave a Reply

%d bloggers like this: